29.5 C
Serang
13:42:13 (7 Februari, 2023)
Bantencom Media
KESEHATANPERISTIWA

Angka Kematian Ibu Melahirkan di Banten Masuk Lima Besar di Indonesia

Serang, bantencom – Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kamatian Bayi (AKB) di Provinsi Banten menduduki peringkat 5 nasional.
“Untuk menurunkan AKI AKB, Dinas Kesehatan (dinkes) tidak bisa berjalan sendiri. Kita, 2014 kemarin kita membuat MAF (MDGs Acseleration framework). Kita buatkan kerangka kerjanya. Masing-masing sektor yang terlibat siapa saja kita petakan,” kata Digit Wardoyo, Kepala Dinkes Provinsi Banten diruangannya.
Dengan program MAF tersebut, Dinkes mengatakan akan terbagi pola kerja masing-masing dinas akan seperti apa. Sigit mencontoh kan peran Dinkes seperti apa, organisasi profesi akan bertindak apa, peran BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) seperti apa. Sehingga keterpaduan antar sektor dalam mengurangi AKI AKB dapat berjalan.
AKI di tanah jawara mencapai 230 kasus sepanjang tahun 2014 lalu. Sedangkan untuk AKB sendiri, Dinkes Provinsi Banten belum memiliki data dikarenakan data yang ada masih dilakukan faliditas.
Bahkan, guna mengurangi AKI AKB tersebut, Dinkes Provinsi Banten berencana untuk membuat rumah tunggu kelahiran di tahun 2016 mendatang.
“Karena kalau kita sendiri, dengan kondisi geografis seperti ini, pelayanan kesehatan semaksimal gimana pun, kalau lokasi penduduk nya tersebar jauh susah,” terangnya.
Tak hanya membangun rumah tunggu, Dinkes pun memberdayakan dukun beranak untuk mendampingi bidan dalam membantu proses persalinan, sehingga keselamatan ibu melahirkan lebih terjamin.
“Kita sudah tidak lagi mencari ibu hamil, tapi bagaimana menjelaskan ke ibu hamil terkait penanganan dan kesehatannya,” tegasnya.

Related posts

Pasca Lebaran Peminat SIM Meningkat

Ridwan Salba

sembuhkan serangan asma dengan daun mint

Edi Santosa

Angkasa Pura Talangi Refund Sebesar Rp 3 miliar

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy