28.8 C
Serang
16:07:38 (23 Mei, 2022)
Bantencom Media

Tinjau Pembangunan Jembatan Bogeg Gubernur Banten: Pastikan Bakal Diresmikan di Akhir Maret 2022

Bantencom, – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menjanjikan peresmian Jembatan Bogeg, Banjar Agung, Cipocok Jaya diresmikan akhir Maret 2022 sekarang.
Namun tak dipastikan tanggal berapa jembatan terlebar di Indonesia akan diresmikan sepenuhnya, pasca dilakukan peresmian penggunaannya Desember 2021 lalu.
Pernyataan Gubernur Banten Wahidin Halim disampaikan, Rabu malam 16 Maret 2022, saat meninjau langsung jembatan yang terbentang di atas Jalan Tol Tangerang-Merak itu, pasca meresmikan Gedung 8 lantai RSUD Banten.
Salah satu jembatan di Kota Serang yang menghubungkan Jl Syeh Nawawi Albantany itu ditinjau langsung malam hari.
Pada peninjauan tersebut, Gubernur Banten terlihat masih berpakaian batik yang dikenakan saat meresmikan Gedung 8 Lantai RSUD Banten.
Gubernur Banten melakukan perbincangan dengan salah satu petugas dan menanyakan terkait progres pembangunan Jembatan Bogeg.

Dikatakan pembangunan Jembatan Bogeg dirancang memiliki lebar yang dapat digunakan untuk 8 jalur kendaraan, dimana setiap arahnya terdapat 4 jalur kendaraan.
“Jalannya cukup lebar dan panjang, bisa 4 jalur dan di sana juga 4 jalur, kanan kiri 8 jalur,” ucap Gubernur Banten, seraya menunjuk lokasi jembatan lama yang sudah dimodifikasi dengan tampilan yang juga apik.
Ia juga menyampaikan, pihaknya merencanakan peresmian Jembatan Bogeg akan dilakukan pada bulan Maret ini.
“Rencananya bulan ini (Maret, red),” kata Gubernur, saat ditanya tentang kapan waktunya jembatan itu diresmikan.
Sebagai informasi, anggaran pembangunan Jembatan Bogeg mencapai Rp165 miliar dari APBD Tahun 2021.
Dengan konstruksi steel box, yang memiliki panjang 78 meter dan lebar 33,8 meter untuk 8 lajur kendaraan. Pada jalur kiri menuju Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) dari arah Terminal Pakupatan, terbapat tambahan jembatan selebar 3 meter lebih, yakni jembatan yang sebelumnya digunakan sebanyak 2 jalur.
Jembatan Bogeg tersebut telah melalui uji muat 12 truk tronton muatan penuh sekitar 400 ton atau 70% dari kapasitas beban muatan jembatan.
Diketahui, renovasi pada Jembatan Bogeg yang lama dan menambahkan ornamen-ornamen pada bagian atas jembatan, sehingga dapat dijadikan spot selfie bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki.
Jembatan Bogeg memiliki panjang 78 meter dan lebar 33,8 meter dan dipastikan akan memecahkan rekor sebagai jembatan terlebar di Indonesia.
Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan mengatakan, jembatan ini tercatat sebagai kategori terlebar di Indonesia mengalahkan Jembatan Suramadu di Surabaya.
Menurut Arlan, jembatan yang membentang di atas tol Tangerang – Merak (fly over) tersebut, bakal memecahkan rekor sebagai jembatan terlebar di Indonesia.
“Lebarnya 33,8 m. Mengalahkan lebar Jembatan Suramadu di Surabaya dan Jembatan Cisomang, Jawa Barat,” ujar Arlan lagi.

Selama ini, Jembatan Bogeg menjadi salah satu simpul kemacetan dengan tingkat kepadatan yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan tingginya tingkat mobilitas masyarakat, namun tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Related posts

Ribuan Santri Hadiri HSN di Masjid Ats Tsauroh

Edi Santosa

Rano Pastikan Tahun Depan Tol Serang-Panimbang Dibangun

Ridwan Salba

Atasi Kelangkaan Stok Darah, Kodim 0602/Serang Gelar Baksos Donor Darah

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan