25.5 C
Serang
23:27:57 (3 Februari, 2023)
Bantencom Media
PENDIDIKAN

Keangkeran Ujian Nasional

        Serang, bantencom – Penilaian dilakukan oleh 3 unsur guru, sekolah dan pemerintah untuk pemerataan mutu. Perguruan tinggi dilibatkan dalam pengawasan UN. Pengawalan soal UN di Indonesia dilakukan dengan sangat ketat, tahun lalu presiden mengerahkan pesawat Herkules hanya untuk mengawal soal Ujian.

Pendidikan karakter kejujuran di Indonesia masih dalam proses, sehingga pengawalan dalam pendistribusian soal UN dilakukan dengan ketat. Sementara di negara maju seperti jepang yang karakter tingkat kejujurannya sudah baik, jepang mendistribusika soal UN melalu kantor pos setempat.

UN bukan salah satu penentu kelulusan siswa siswa tidak perlu takut jika memang dalam pembelajaran regulernya baik.

Penanggung jawab un adalah semua stake holder yang berkaitan dengan bidang pendidikan sesuai tingkatannya. Dalam hal ini perguruan tinggi yang akan secara langsung mengawasi seluruh materi dan kunci jawabannya.

Pengambil kebijakan jangan terlalu mudah memecat pejabat yang melakukan kesalahan, cukup dibina saja.

Nilai UN menjadi salah satu pertmbangan untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Nilai mata pelajaran yang diujikan akan digabungkan dengan nilai pelajaran umum.

Penyimpanan soal tidak boleh di tempatkan di kantor polisi, karena hal itu terlihat genting. Penyimpanan soal ujian harus di simpan di dinas pendidikan atau di Perguruan Tinggi.

Manfaat un bisa meningkatkan motivasi belajar siswa, kegagalan bukan kiamat kesukaran proses untu maju.

Bc4

Related posts

Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun ini Lebih Baik

Ridwan Salba

PERINGATI HARI PERS NASIONAL, PEMPROV BANTEN GELAR SILATURAHIM DENGAN WARTAWAN

Ridwan Salba

Dindik Banten Gelar Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu LKP dan PKBM tahun 2015

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy