26.2 C
Serang
20:03:28 (4 Februari, 2023)
Bantencom Media
HUKRIM

LSM FORMAK : Biro Kesra Kucurkan Dana Hibah di Duga Sarat KKN

Serang, bantencom – Forum Massyarakat Anti Korupsi ( FORMAK) DPP Banten adakan aksi unjuk rasa terkait maraknya Korupsi Kolusi dan Nepotisme di Provinsi Banten. Dalam orasinya kordinator aksi tersebut meminta agar aparat penegak hukum secepatnya mengusut tuntas dan menangkap para pelaku yang merugikan keuangan negara.

 “Bantuan tersebut diduga kuat syarat dengan KKN karena dalam laporan pertanggung jawaban yang di buat pihak yayasan Bina Insan Cinta Banten telah terjadi manipulasi data. Bantuan yang jumlahnya mencapai 3.5 M tersebut diperuntukan untuk Pengadaan Kelengkapan Kesekretariatan,” jelanya Rabu, (8/5) di depan Kantor Walikota Serang Banten.

Menurutnya, ditahun 2012 Biro Kesra telah mengucurkan Bantuan dana hibah terhadap yayasan Bina Insani Cinta Banten dengan nilai Rp. 3.5 M.

“Bantuan tersebut diduga kuat syarat dengan KKN karena dalam laporan pertanggung jawaban yang di buat pihak yayasan Bina Insan Cinta Banten telah terjadi manipulasi data. Bantuan yang jumlahnya mencapai 3.5 M tersebut diperuntukan untuk Pengadaan Kelengkapan Kesekretariatan,” jelanya Rabu, (8/5) di depan Kantor Walikota Serang Banten.

Sekitar 14 item jenis kegiatan yang yang dipaparkan FORMAK dalam orasi tersebut di duga terdapat penyalah gunaan uang negara. Pembebasan lahan untuk akses jalan menuju yayasan seluas 160 m2 dengan harga Rp.8 juta.

Pembebasan lahan untuk guest house dengan luas 700 m2 dengan harga Rp. 50 juta
Pembangunan wisma dan aula terbuka dengan luas bangunan 100 m2 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 187,054 juta, sebagai pelaksana pekerja (pihak pengusaha) CV Sinar Panca Usaha.
 Pembelian lahan untuk wisma pelatih dengan luas lahan 980 m2 dengan harga Rp. 68,6 juta.
Pembelian lahan untuk mengembangkan program Yayasan berupa Outbond seluas 540 m2 dengan harga Rp.54 juta.

Pembangunan gedung auditorium dan asrama siswa dan wisma pelatihan dengan nilai kontrak Rp 115,828 juta, dengan luas bangunan 60 m2 dan sebagai pelaksana kegiatan pihak pengusaha adalah CV Kertapati Wijaya. Sedangkan pembelian satu unit gedung untuk kantor BMT Bina Insani Cita yang berbentuk rumah dengan harga Rp. 250 juta.

Pembangunan saung majelis dengan luas lahan 54 m2 dengan nilai kontrak Rp. 67,5 juta dan sebagai pelaksana pekerjaan tersebut adalah CV. Sinar Panca Usaha. Pembangunan pagar training center/ saung majelis dengan luas lahan 250 m2 dengan panjang 125 m dan tingginya 2 m dengan nilai kontrak Rp. 152,9 juta.

Pembelian lahan yang berlokasi di Kp.Kaong Kelurahan Cipocok Kota Serang Banten, untuk pembangunan Yayasan  dengan luas 500 m2 dengan harga Rp.110 juta. Dana sosialisasi Program Penguatan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif Angkatan 1 sampai dengan angkatan 15 menghabiskan anggaran sekitar 165,75 juta. Sedangkan kegiatan bantuan modal bergulir tahap satu sampai dengan tahap lima dengan anggaran Rp 2 M

Dana sosialisasi melalui Askesos dari angkatan 1 sampai dengan angkatan 15 dengan anggaran 165,75 juta.
Pengadaan kelengkapan kesekretariatan dengan jumlah dana sebesar Rp. 104,618 juta.
Menurutnya, tim LSM FORMAK telah melakukan infestigasi terkait permasalahan tersebut pihaknya menyimpulkan bahwa dalam kegiatan tersebut telah terjadi KKN dan tidak ada aktifitas pada Yayasan Bina Insani Cinta Banten.


Timan

Related posts

Awas, Tiga Titik Ini Rawan Kejahatan Arus Mudik

Ridwan Salba

Tidak Profesional Oknum Pejabat Kantor Pertanahan Lebak Rugikan Lahan Milik Warga

Edi Santosa

Zulkarnaen, Jawara Akan di Tindak Kalau Melanggar Hukum

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy