30.7 C
Serang
12:36:42 (28 September, 2022)
Bantencom Media
DAERAH

Mendapat Tugas Mandatori, Ini Upaya Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar

Serang Bantencom
Pada 12 Mei 2022, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian atas nama Presiden RI melantik Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar. Sebagai Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar mengembang beberapa tugas mandatori, antara lain pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19,  penurunan prevalensi stunting dan menyukseskan Pemilihan Umum serentak tahun 2024.
Beragam Langkah sudah dilakukan Al Muktabar. Untuk pemulihan ekonomi, Al Muktabar sudah menetapkan, minimal 40% belanja barang/jasa pada APBD 2022 dialokasikan untuk produk dalam negeri.  Tujuannya mendongkrak perumbuhan ekonomi dan pemberdayaan pengusaha lokal.  Selain itu, Pemprov Banten sudah membangun e-katalog lokal, Plasa Banten.
Al Muktabar juga membuka ruang seluas-luasnya bagi investasi. “Pemprov Banten akan memberikan layanan investasi di Provinsi Banten,” ungkap Al Muktabar saat memberikan sambutan pada Peresmian Pabrik Baru Polyester Film PT MC PET Film Indonesia (MFI) Kota Cilegon, Kamis (28/7/2022).
Al Muktabar mengatakan, pihaknya akan menjaga investasi yang ada dan mebuka peluang investasi baru. Menurutnya, melalui investasi akan terjadi multiplier effect untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional.
“Kalau ada keperluan fasilitasi dari Pemerintah Provinsi Banten berkaitan dengan investasi akan  memberikan fasilitas sesuai kewenangan,” tegas Al Muktabar.
Berbarengan dengan itu, Al Muktabar juga berusaha membangkitkan sektor pariwisata. Saat ini, pariwisata di Provinsi Banten sudah menggeliat. Berdasarkan data BPS, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Banten pada Juni 2022 mencapai 57,00 persen atau naik 4,83 poin dibanding bulan sebelumnya. Bila, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu naik 18,36 poin. Kemudian, TPK hotel non bintang pada Juni 2022 tercatat sebesar 18,63 persen atau naik 1,42 poin dibandingkan Mei 2022. Kondisi yang sama, rata-rata lama menginap tamu (RLMT) gabungan (asing dan Indonesia) pada hotel berbintang selama Juni 2022 mencapai 1,45 hari atau naik 0,06 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Dalam hal ini, Al Muktabar membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder. Katanya, untuk mendongkrak pariwisata membutuhkan kolaborasi. “Kolaborasi merupakan konsep pendekatan komprehensif. Melibatkan seluruh stakeholder, baik itu Pemerintah, swasta, masyarakat, lembaga usaha dan universitas,” katanya usai menghadiri Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Cilegon Center Mall (CCM) mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Minggu (17/6/2022).
Berkaitan dengan pariwisata, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten M Tranggono mengatakan Banten memiliki potensi luar biasa, ada wisata alam dan ada juga wisata religi. Saat ini, sedang dikembangkan wisata di Kawasan Anyer, Banten Lama dan Tanara. “Saya melihat potensinya ini banyak,  terdapat wisata religi dan wisata alamnya,” katanya usai meninjau lokasi Desa Wisata Sukarame Kab. Serang dan kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Provinsi Banten di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (16/7/2022).

Penurunan Prevalensi Stunting.
Pj Gubernur Banten Al Muktabar, saat ini, sedang berusaha keras menurunkan angka prevalensi stunting di Provinsi Banten. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.
Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2021, prevalensi stunting Provinsi Banten adalah 24,5. Sejalan dengan Pemerintah Pusat, Pemprov Banten sudah menetapkan pengananan stunting sebagai prioritas pembangunan. Al Muktabar sudah menetapkan target penurunan stunting pada tahun 2022 sebesar 23,6 persen, pada tahun 2023 sebesar 19,25 persen. Dan, pada tahun 2024 sebesar 14 persen.
Dalam penanganan stuntin tersebut, Al Muktabar menetapkan tiga tahapan pendekatan. Pertama, melakukan pendataan by name by address. Selanjutnya, memberikan bantuan makanan bergizi, sehingga penderita stunting bisa tumbuh berkembang dengan baik. Kedua, mengedukasi masyarakat untuk mandiri, kemudian memberikan pembekalan usaha dan permodalan.  Ketiga, memberikan konektivitas usaha. KUR atau lainnya. “Sehingga, penyelesaian komprehensif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah membangun kolaborasi dengan stakeholder dalam penanganan stunting. Dalam berbagai kesempatan, Al Muktabar mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama melakukan penanganan stunting. Bahkan, Al Muktabar mengkolaborasikan penanganan stunting dengan distribusi daging kurban. 
Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024
Tugas mandatori penting lainnya Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar adalah menyukseskan Pemilu Serentak 2024. Untuk itu, Al Muktabar sudah mengusulkan Peraturan Daerah Pembentukan Dana Cadangan Pemilu Serentak 2024 kepada DPRD Provinsi Banten sebesar Rp 596.471.294.000,00 (lima ratus sembilan puluh enam miliar empat ratus tujuh puluh satu juta dua ratus Sembilan puluh empat ribu rupiah). “Pembentukan dana cadangan sebagai mitigasi kemampuan pembiayaan Pemilu Serentak 2024,” ungkap Al Muktabar saat menyampaikan nota pengantar dalam Rapat Paripurna dengan agenda Pembukaan Masa Persidangan Ke 1 Tahun Sidang 2022 – 2023 dan Penyampaian Nota Pengantar Gubernur tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2024 di Gedung DPRD Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Sabtu (6/8/2022).
Al Muktabar mengatakan, Pemprov Banten memandang kebutuhan anggaran menjadi prioritas untuk membiayai setiap tahapan Pemilu Serentak 2024. “Semua harus benar dipastikan ketersediaan anggarannya. Ini merupakan tugas dan komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilu di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Untuk hal itu, Pj Sekda M. Tranggono sudah mengingatkan Pemerintah Kab/Kota se-Provinsi Banten untuk menganggarkan Pilkada serentak 2024. “Saya berpesan, agar, Pemkab/Pemkot untuk mengalokasikan anggaran untuk Pilkada Serentak 2024 nanti,” kata Tranggono saat rapat Koordinasi dan Pemberian Penghargaan Gubernur Banten dalam Rangka Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Pembinaan SIPD Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten Triwulan II Semester I Tahun Anggaran 2022 di Gedung Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jum’at 5 Agustus 2022.
Di sisi lain, Al Muktabar juga menggelorakan semangat Merah Putih untuk mewarnai dunia. “Kepada generasi muda saya titipkan masa depan bangsa ini,” katanya dalam sambutannya pada Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Plasa Aspirasi KP3B Curug Kota Serang, Selasa, 9 Agustus 2022. (Adv Biro Adpim Setda Prov Banten).

Related posts

Cuma 14 Jam Setelah Laporan Pedagang Furnitur Temukan Mobil Yang Hilang

Edi Santosa

Edi Santosa

Hasil reshuffle jilid dua kabinet Jokowi

Edi Santosa

Tinggalkan Balasan

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy