24.9 C
Serang
1:48:50 (26 Februari, 2024)
Bantencom Media
BreakNews

Pemprov Banten Siap Buat Unit Pengendali Gratifikasi

Serang,bantencom – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana akan mempunyai UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi) yang bekerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Hal tersebut disampaikan Plt (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-Asmudji HW pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Melalui Pengendalian Gratifikasi di Ruang Rapat Setda, KP3B, Kota Serang, Kamis (4/9).
“Rencana ini merupakan salah satu program RPJMD Pemprov Banten dalam mewujudkan tata pengelolaan Pemerintahan yang baik dan bersih, dan program pengendalian gratifikasi ini merupakan usulan dari Pemprov Banten sendiri”, Jelas Plt. Sekda.
Untuk rencana awal kami akan membuat produk dulu dalam bentuk Rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) dengan didampingi dari tim Deputi Bidang Pencegahan KPK, tambah Plt. Sekda.
“Untuk rancangan Peraturan Gubernur saya harapkan pada tanggal 1 Oktober 2014 sudah bisa selesai”, Tutur Plt. Sekda.
Dalam Bimtek ini Tim Deputi Bidang Pencegahan KPK menggandeng Biro Hukum, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat Provinsi Banten dalam merancang Pergub mengenai UPG. Nantinya UPG akan menempel di Inspektorat Provinsi Banten yang mempunyai fungsi pengendalian gratifikasi.
Plt. Sekda berharap dengan dibuatnya UPG para PNS di Pemprov Banten bisa tercegah dari gratifikasi.
“Saya harapkan nantinya para pegawai Pemprov Banten ke depan tidak ada yang masuk ke ranah pidana dalam hal gratifikasi dikarenakan sudah ada UPG”, harap Plt. Sekda.
Selain itu Ketua Tim UPG untuk Provinsi Banten Edi Suyanto yang merupakan utusan dari KPK Direktorat Gratifikasi Kedeputian Bidang Pencegahan dan sekaligus sebagai narasumber Bimtek menyampaikan dukungannya dalam program gagasan Pemprov Banten dalam hal Pengendalian Gratifikasi.
“Saya, Tim dan tentunya KPK mendukung sepenuhnya dalam pembuatan UPG di Provinsi Banten, kami akan membantu semaksimal mungkin dalam membantu Pemprov Banten dalam membuat rancangan Peraturan Gubernurnya”, Jelas Edi.
Acara ini akan berlangsung selama dua hari hingga besok jumat (5/9) yang mengagendakan Sosialisasi tentang Gratifikasi untuk dijadikan bahan dalam rancangan Peraturan Gubernur tentang Unit Pengendalian Gratifikasi Provinsi Banten.
(ridwan)

Related posts

Team Paslon Dua Pemenangan Rano-Embay Tolak PSU Di Empat TPS

Edi Santosa

Setelah Di Turunkan 3 Damkar Sijago Merah Bisa Di Jinakan

Edi Santosa

Pasar Terbang di Tangerang Jual Sembako Murah

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy