25.7 C
Serang
22:56:45 (8 Februari, 2023)
Bantencom Media
DAERAH

Pengadaan Smart Interaktive screen 86 di Biro Umum  Produk Import dan Diduga ‘Mark Up’

PJ Gub Harus Evaluasi PLT Kabiro Umum

SERANG- Bantencom
Pengadaan Smart Interaktif di Biro Umum Setda Provinsi Banten selain diduga harganya di ‘Mark Up’, ternyata produk yang digunakan juga  produk import yang kemungkinan tidak mengandung komponen dalam negeri (TKDN).

Padahal, mengutip dari laman seskab.id,
Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengeluarkan Inpres no 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro,  usaha kecil, dan koperasi dalam rangka mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Pada Inpres tersebut, dinyatakan bahwa belanja barang dan jasa yang menggunakan APBN dan APBD harus mengandung produk dalam negeri. Maksimal 40 persen, minimalnya 20 persen. Sedangkan pengadaan Smart Interaktif di Biro Umum Setda Provinsi Banten ini kemungkinan 0 persen kandungan dalam negerinya.

“Jika melihat dari inpres dan aturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) serta Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 49/M-IND/PER/5/2009 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, di duga pengadaan Smart Interaktif di Biro Umum Setda Provinsi Banten tersebut bermasalah,” ujar ketua Masyarakat Transparansi Penggunaan Anggaran Provinsi Banten, Arif RH, kemarin.

Hal tersebut, imbuh Arif RH, sangat jelas terlihat pada spesifikasi barang di E-Commerce.
“Pada laman E-Commerce jelas tercantum bahwa barang Smart Interaktif di Biro Umum Setda Provinsi Banten tersebut import,” tambahnya.

Selain produk import, pengadaan Smart Interactive Screen 86′ Includestanding Bracket  di Biro Umum Setda Provinsi Banten  juga diduga harganya di ‘Mark Up’. Pasalnya harga Smart Interactive Screen 86′ Includestanding Bracket di E-Commerce ldengan  merk pabrikan Huawei tersebut terbilang mahal, yaitu Rp 479.029.045, perbuah. Sedangkan pengadaannya mencapai tiga (3) buah. Totalnya menjadi Rp 1.437.087

Padahal, produk dan spesifikasi yang sama jika dibandingkan dengan merk pabrikan lain seperti merk Samsung dan panasonic harganya sangat jauh berbeda. Merk Samsung hanya Rp. 220.190.000. Merk Panasonic hanya Rp. 210.000.000, dan merk SMART Rp 266.400.000.

Jika dilihat dari perbandingan harganya, sangat jauh berbeda. Kenapa memilih barang yang harganya lebih mahal? Merk yang disebutkan tadi beberapa merk produk bagus, tapi kami heran, kenapa Biro Umum Setda Banten memilih merk Huawei, yang secara kualitas masih di bawah merk Samsung dan SMART. Ditambah harganya juga sangat mahal,” ujar Arif RH , ketua Masyarakat Transparansi Penggunaan Anggaran Provinsi Banten, kemarin.

Menurut Arif RH, kebijakan yang di ambil PLT Kabiro Umum Zulkarnaen dengan memilih produk yang harganya sangat mahal tersebut patut dipertanyakan.

“Harusnya, sebagai PLT Kabiro Umum Setda Pemprov Banten teliti dan dapat menghemat anggaran. Bukan menghambur-hamburkan anggaran seperti ini,” imbuhnya.

Arif RH meminta PJ Gubernur Banten Al Muktabar mencopot atau mengevaluasi PLT Kabiro Umum Setda Pemprov Banten tersebut.

“Harusnya pejabat itu mempunyai sense of crisis. Tidak menghambur-hamburkan anggaran seperti yang dilakukan PLT Kabiro Umum tersebut. Untuk itu, kami meminta PJ Gubernur Banten meng-evaluasi bahkan dapat mencopot PLT Kabiro Umum.

Selain itu, kami juga mendesak BPK dan aparat hukum di Provinsi Banten mengusut ‘Dugaan Mark Up’ pengadaan Smart Interactive Screen 86′ Includestanding Bracket di Biro Umum Setda Banten,” tegasnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkann, PLT Kepala Biro Umum Setda Pemprov Zulkarnaen ketika dikonfirmasi melalui WA  belum merespon. Di hubungi melalui telepon selulernya pun tidak pernah diangkat. (Agp)

Related posts

Salus populi supreme lex

Ridwan Salba

KSP Terima Aduan Kisruh KP3B

Edi Santosa

Pemkot Cilegon Nolak Terminal Merak Diambil Alih Pusat

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy