25.6 C
Serang
8:49:29 (8 Februari, 2023)
Bantencom Media
DAERAH

Prototipe Mobil Listrik Karya Anak Indonesia

Surabaya, bantencom – Program perkenalan mobil listrik mulai gencar dilakukan. Hari ini Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) mulai menguji coba tiga prototipe mobil listrik karya anak Indonesia di jalanan di kota Surabaya.

Prototipe mobil listrik yang diuji coba adalah mobil listrik sport Selo buatan rumah modifikasi Kupu-kupu Malam, Yogyakarta. Sedangkan dua prototipe lain yang diuji adalah mobil listrik buatan Dasep Ahmadi asal Depok berupa mobil perkotaan listrik dan bus listrik.

Ketiga mobil listrik tersebut menggunakan penyimpan catu daya berbasis lithium, mengingat material, teknologi, dan ketahanan komponen yang satu ini sangat krusial bagi mobil listrik. Sebelumnya ketiga mobil itu juga sudah diuji di Bandung, Yogyakarta, dan Solo.

Mengenai tingkat kesiapan teknologi mobil listrik tersebut, menurut Asisten Deputi IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi, Pariatmono sudah mencapai tingkat tujuh. Sebelum nantinya diproduksi massal, pada tingkat terakhir akan diperlukan regulasi pemerintah yang mengatur tentang insentif dan pajak.

Pemerintah mentargetkan pada 2017 Indonesia sudah bisa memproduksi dan menggunakan kendaraan massal berbasis listrik untuk angkutan dalam kota, dan kendaraan operasional instansi-instansi pemerintah sebagai awal.

Hal lain yang juga harus disiapkan adalah kesiapan infrastruktur sumber catu daya, mirip dengan SPBU pada sumber energi berbasis BBM.

Bc4
bantencom "civil journalism for indonesia chanel"

Related posts

Joroknya kebiasaan gigit kuku pada jari

Edi Santosa

Demo Buruh PT. Hetian

Ridwan Salba

Sekda Banten Dilaporkan ke Kemendagri dan Kemensesneg.

Edi Santosa

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy