25.3 C
Serang
8:01:55 (25 Juni, 2022)
Bantencom Media
DAERAH

Provinsi Banten Raih Predikat Provinsi Sangat Inovatif IGA Award 2021

Bantencom Serang Provinsi Banten meraih predikat Provinsi Sangat Inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2021 Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-5848 Tahun 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021, Provinsi Banten meraih Predikat Sangat Inovatif.
Penghargaan diterima oleh Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dari Plh. Kepala Badan Litbang Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro secara daring, Rabu (29/12/2021).
Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan IGA Award adalah penghargaan terhadap terobosan inovasi pemerintah yang akan memberikan iklim kompetitif. Sehingga Pemerintah Daerah yang tidak mendapat penghargaan atau kurang, publik akan menilai dan mendorong untuk bangkit.
Dikatakan, di era otonomi daerah kebijakan dari rakyat melalui DPRD dengan kesepakatan Pemerintah Daerah.
“Tujuannya agar daerah mampu berdikari. Urusan yang konkuren dilakukan oleh daerah. Kepala Daerah diharapkan mampu menggali potensi daerah masing masing untuk mensejahterakan rakyatnya,” ungkap Mendagri Tito
“Rakyat lebih sejahtera dengan kapasitas fiskal yang bagus,” tambahnya.
Dalam laporannya, Plh. Kepala Badan Litbang Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengungkapkan IGA Award 2021 diikuti oleh 519 Pemerintah Daerah dengan 25.124 inovasi.
Tim penilai IGA Award 2021 berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kemenpan RB, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI), Universitas Indonesia, kemitraan, dan MNC News.
Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, menjadi rekomendasi Dana Insentif Daerah (DID) dari Kemendagri ke Kemenkeu. (Edi)

Related posts

KETUA MUI KEC. BANJAR SAMPAIKAN TERIMAKASIH KEPADA KPU KABUPATEN PANDEGLANG.

Ridwan Salba

Tim Kemenangan Partai Apresiasi Kinerja KPU Kabupaten Lebak

Ridwan Salba

PENGERTIAN KATA TALAK / CERAI

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan