25.9 C
Serang
1:36:15 (3 Februari, 2023)
Bantencom Media
DAERAH

Rano Peringati Hari Kesaktian Pancasila dan Ziarah ke Banten Lama

Serang, bantencom – Peringatan hari kesaktian pancasila diharapkan mampu membangkitkan kesadaran tiap individu sebagai warga negara Indonesia dalam meningkatkan semangat kebangsaan yang berpijak pada nilai – nilai pancasila. Demikian yang disampaikan Gubernur Banten, Rano Karno, saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di KP3B, Senin (3/10).

“Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh. Pancasila juga memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, serta politik masyarakat kita. Nilai – nilai pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan bernegara,” Ujar Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur juga menambahkan, hari kesaktian pancasila adalah milik bangsa Indonesia. Nilai nilai yang terkandung di dalamnya harus dihayati dan diamalkan, sehingga dapat menjadi kekuatan untk menanggulangi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kiranya upacara ini tidak sekedar dilaksanakan memenuhi unsur formalitas semata, melainkan sebagai momentum yang dapat mewarnai jiwa dan semangat nasionalisme kita,” Pesannya.

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berdekatan dengan HUT Provinsi Banten tersebut, Pemerintah Provinsi juga memberikan penghargaan kepada sejumlah elemen masyarakat berperstasi, baik dari unsur pemerintahan, swasta dan pelajar.

Setelah menggelar apel, Gubernur bersama jajarannya melakukan ziarah ke Komplek Pemakaman Keluarga Sultan Hasanudin di Banten Lama, Kota Serang. Ziarah bersama ini dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Banten ke 16 tahun. Romboangan diterima oleh Kenadziran Banten Abbas Wasse di pelataran Masjid Agung Banten Lama.

“Besok banten berusia 16 tahun. Ini memang agenda rutin setiap tahun.  Saya berterima kasih kepada Bapak Abbas (Kenadziran) yang telah menyapaikan keluhan dan sarannya,” kata Gubernur didampingi Sekda Banten Ranta Suharta.

Gubernur mengungkapkan, pada tanggal 4 Oktober besok, Bank Banten akan melakukan launching di kawasan Banten Lama, hal ini dilakuan karena pendirian Bank Banten merupakan sejarah baru dalam pembangunan Provins Banten.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga kenadziran yang telah mengijinkan Bank Banten dilaunching dipelataran mesjid lama, karena ada sejarah yang tida bisa dihindarkan disini.,” ucapnya.

Pada bulan Oktober ini, kata Gubernur, Provinsi Banten akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren (Pospenas), maka dari itu, masyarakat banten dimiinta ikut mensukseskan pelaksanaan Pospenas.

“Pospenas akan dikunjungi 7000 anak santri, pasti mereka akan berkunjung ke mesjid banten lama. Mudah-mudahan mesjid ini bisa ditata dengan baik dan nyaman dikunjungi dan member kesan bagi santri-santri dari seluruh Indonesia.

Related posts

Kemacetan, Kebersihan dan PKL Jadi Prioritas Kerja Syafrudin Usai Dilantik

Ridwan Salba

Rafik Rahmat Taufik, Kepala Desa Baru Pimpin Apdesi Kecamatan Bayah

Edi Santosa

Dandim 0602 / Serang Perkenalkan Cairan Bios 44 Hasil Temuan TNI

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy