28 C
Serang
9:37:41 (29 Februari, 2024)
Bantencom Media
BISNISPERISTIWA

Ratusan Ton Buah Manggis di Banten Terancam Membusuk

Serang, bantencom – Karena produksi buah manggis yang berlimpah di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, ratusan kilogram buah manggis terancam busuk karena tak tersalurkan dengan baik.
“Sekarang sedang panen kira-kira 10 ton per hari. Tapi serapan pasar lokal maksimal 1 sampai 2 ton per hari,” kata Kepala Bidang Holtikultura, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten, Asep Mulya Hidayat, saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Sabtu (07/3).
Setidaknya, terdapat 900 ton buah manggis terancam membusuk karena konsumen lokal kurang meminati buah satu ini. Sedangkan dikarenakan kualitas yang masih rendah, ukuran buah kecil, dan tampilang yang kurang menarik menyebabkan buah ini tak bisa menembus pasar eksport atau ke pasar ritel modern.
“Minimal ada semacam kebijakan agar kegiatan-kegiatan pemerintahan di wilayahnya menyuguhkan buah lokal ini,” tegasnya.
Perlu diketahui bahwa Kecamatan Bojong merupakan salah satu perkebunan manggis di Provinsi Banten. Dimana, setiap bulan Maret hingga Mei akan mengalami musim buah manggis.

Related posts

Hadapi Musim Kemarau, Kementan Luncurkan Kalender Tanam

Ridwan Salba

Derita Masyarakat Pontang dan Tirtayasa

Edi Santosa

Kasad TNI AD Tinjau Posko Penanggulangan Bencana Gunung Kelud

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy