26.2 C
Serang
20:12:44 (4 Februari, 2023)
Bantencom Media
DAERAH

SBY Meminta KPK Soroti Perpajakan

Jakarta, bantencom – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan 4 pesan bagi aparat penegak hukum dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, Senin (9/11/2013). SBY secara khusus menyorot korupsi di perpajakan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian, dan kejaksaan.

"Pertama, kemungkinan penyimpangan atau kemungkinan terjadinya korupsi terhadap barang dan jasa. Mark up, pengeluaran fiktif dan sebagainya. Ini besar jumlahnya di seluruh Indonesia," kata SBY di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/11/2013).

Ia menuturkan di lembaga apa pun, eksekutif, legislatif, yudikatif rawan korupsi. Karena itu, ia minta aparat penegak hukum teliti apakah pengadaan barang dan jasa itu dilaksanakan tanpa penyimpangan.

Kedua, ia minta semua pihak mencegah terjadinya korupsi dan penyimpangan dalam pengeluaran izin, baik pusat dan daerah. Di daerah yang dulunya hampir tidak ada kasus sekarang di daerah pun terjadi penyimpangan dana pemberian izin.

"Ini konsekuensi dari otonomi daerah, suap, benturan kepentingan, penyimpangan yang sering terjadi menjelang pilkada," imbuh SBY.

Ketiga, ia minta agar dalam penyusunan dan penggunaan APBD dipastikan tidak terjadi penyimpangan dan korupsi. Kolusi antara oknum pemerintah dan oknum DPR baik pusat dan daerah.

"Banyak sekali ditangani KPK yang berangkat dari kolusi, penyimpangan yang dilakukan oleh oknum pemerintah dan oknum DPR kita, baik pusat dan daerah. Jumlahnya tidak sedikit," imbuh SBY.

Pria kelahiran 9 September 1949 itu berharap para penegak hukum juga melihat lebih tajam tentang dunia perpajakan.

"Jangan sampai ada penyimpangan dan korupsi, dampaknya sangat besar bagi penerimaan negara dan bagi pembelanjaan untuk pembangunan. Yang bisa terjadi wajib pajak tidak memenuhi kewajibannya, negara dirugikan, petugas pajak bisa melakukan korupsi. Keduanya bisa kolusi," ucap SBY.

Ia pun minta semua pihak terutama aparat penegak hukum bisa membantu memberantas korupsi.

"4 Arena itu yang saya titip betul untuk dilihat secara tajam karena itu sumber kerugian negara yang kerap terjadi," tandas SBY.

Bc4
bantencom "civil journalism for indonesia chanel"

Related posts

Hand Phone Meledak Penilik Tewas

Edi Santosa

SPN Banten adakan Konsolidasi di Pandeglang

Edi Santosa

Incumbent Rentan Menghalalkan Segala Cara Mempertahankan Posisisnya

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy