29.9 C
Serang
16:37:15 (21 Februari, 2024)
Bantencom Media
ADVETORIAL

Tingkatkan PAD, DPPKD Gandeng Dinsos Melalui Peran Sosialisasi TKSK

Serang, bantencom — Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari pajak, berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten. Selain mewajibkan target kepada UPT, DPPKD juga menjalin bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Dinas Sosial (Dinsos).
“Kerjasama  yang dibangun dengan dinas sosial yakni dengan memberdayakan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam mengoptimalkan  pendapatan daerah melalui peran sosialisasinya,”ujar Kepala DPPKD Provinsi Banten, Nady S Mulya pada Minggu 13 Maret 2015.
Menurut Nady S Mulya kerjasama ini dianggap penting. Mengingat potensi pajak di Banten sangat melimpah. Tidak hanya dari sektor PKB dan BBNKB, akan tetapi seperti pajak air tanah, alat berat, dan BBM juga perlu dioptimalkan.
“Dari potensi-potensi ini diharapkan melalui kepala UPT di masing-masing Samsat mampu melaksanakannya dengan baik. Dengan begitu PAD Pemprov Banten dari sektor pajak setiap tahunnya juga terus bertambah,”ucap Nady S Mulya.
Sedangkan terkait keterlibatan TKSK dalam meningkatkan kesadaran warga dalam membayar pajak, Nady S Mulya mengatakan, pihaknya memiliki harapan besar hal itu dapat dengan mudah dilaksanakan. Apalagi keberadaan TKSK merata di semua kecamatan di Banten ini ada.
“Kami berharap melalui TKSK pendataan para wajib pajak bisa terlihat by name by addres nya. Karena mereka ada di setiap kecamatan. Tentu melalui mereka juga sosialisasi mengenai wajib pajak ke masyarakat bisa dengan mudah dipahami dan diikuti,”harap Nady S Mulya.
Kepala Dinsos  Provinsi Banten Ino S Rawita menyambut baik kerjasama yang dijalin dengan DPPKD kali ini. Melalui kerjasama lintaa SKPD diharapkan setiap program kerja yang sudah tersusun bisa terlaksana dengan baik.
“TKSK yang kita miliki ini kan jumlahnya sebanyak 155 orang. Jadi potensi yang besar ini diharapkan mampu menopang beban kerja dari para kepala upt samsat di 11 wilayah. Karena kita ketahui, TKSK ini juga hubungannya sudah dekat dengan masyarakat terdekat di wilayah mereka,”kata Ino S Rawita.
Salah seorang tenaga TKSK Kecamatan di Banten Selatan, Neneng mengatakan, dirinya mengaku akan melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena selain sebagai penyuluh kesejahteraan sosial, saat ini juga harus membantu dinas pendapatan dalam pengelolaan pajak.
“Ini tugas baru ya, semoga ini juga menjadi pengalaman baru dan bisa melaksanakannya. Semoga saja ada juga reward tambahan buat kita-kita karena diberikan tugas tambahan seperti ini,” ujarnya. [Adv]

Related posts

Dinsos Banten Salurkan Bantuan RTLH Kepada 850 KK

Edi Santosa

Sebanyak 36 Anggota DPRD Banten Diberikan Pengarahan oleh KPK

Ridwan Salba

Peringatan Hari Krida Pertanian Tingkat Provinsi Banten

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy