26 C
Serang
22:43:42 (25 Februari, 2024)
Bantencom Media
PENDIDIKAN

Workshop Penyusunan Bank Soal dan Analisis Bank Soal se Provinsi Banten

Serang, bantencom – Dinas Pendidikan Provinsi Banten menyelenggarakan workshop penyusunan Bank Soal. Bank soal yang di susun di harapkan valid dan dapat di gunakan di seluruh sekolah di Provinsi Banten oleh karena itu,sebelum soal itu di nyatakan valid dan baik,maka perlu di uji cobakan di beberapa sekolah. Bank soal ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan sebagai alat evaluasi pembelajaran.

     Fungsi dan tujuan pendidikan nasional tersebut menjadi parameter utama Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan,pelaksanaan,dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas 8 (delapan) standar,salah satunya adalah standar penilaian.
     Standar Penilaian Pendidikan di gunakan dalam rangka untuk memberikan panduan dan tata cara mengevaluasi hasil proses pembelajaran. Salah satu instrumen untuk  mengevaluasi hasil proses pembelajaran adalah melalui tes tertulis dengan menggunakan perangkat soal yang valid.
     Beberapa sekolah khusus nya guru-guru pemula masih mengalami kesulitan menyusun soal-soal yang baik dan bermutu yang mampu mengevaluasi proses pembelajaran. Oleh karena itu dengan adanya bank soal yang di siapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten, dapat membantu guru-guru dalam mengevaluasi proses pembelajarannya.
     Workshop Penyusunan Bank Soal dan Analisis Bank Soal Provinsi Banten tahun 2015 yang dilaksanakan pada Hari Senin, hingga Kamis 29 juni  s/d 2 juli 2015 di salah satu hotel berbintang jl. Raya Karang Bolong Kabupaten Serang Banten
SMA Kabupaten/Kota dengan rincian mata pelajaran sebagai berikut :
1.       Bahasa Indonesia      
2.       Bahasa Inggris             
3.       Matematika IPA          
4.       Matematika IPS           
5.       Fisika                              
6.       Kimia                              
7.       Biologi                            
8.       Ekonomi                         
9.       Geografi                     
10.   Sosiologi                   
Penyusunan  dan Analisi Bank Soal adalah sebagai berikut :
1.       Kaedah Penyusun Soal yang baik dan benar
2.       Analisis Butir Soal
3.       Kisi-kisi dan SKL
4.       Penyusunan soal yang mengacu pada SKL dan Kisi-kisi
Panduan ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi semua pihak yang berkepentingan,sehingga kegiatan Workshop Penyusunan Bank Soal Tingkat Provinsi Banten Tahun 2015 dapat terlaksana dengan baik dan benar (valid). Soal-soal ini hendak nya dapat digunakan di sekolah sebagai instrument mengevaluasi keberhasilan proses mengajar.(adv)

Related posts

Daerah Perbatasan Jadi Pembahasan Debat Konvensi Capres Demokrat

Ridwan Salba

24 Sekolah di Banten Jadi Pilot Project UN

Ridwan Salba

Tabligh Akbar Ust.Yusuf Mansur di Islamic Center Serang, Banten

Ridwan Salba

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika diinginkan. Terima: Read More

Privacy & Cookies Policy